Sunday 4 September 2016

makalah olahraga sepakbola



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Tak ada yang menyangkal jika olahraga baik untuk kebugaran tubuh dan melindungi kita dari berbagai penyakit. Namun, berolahraga secara berlebihan dan mengabaikan aturan berolahraga yang benar, malah mendatangkan cedera yang membahayakan dirinya sendiri.
Cedera sering dialami oleh seorang atlit, seperti cedera goresan, robek pada ligamen, atau patah tulang karena terjatuh. Cedera tersebut biasanya memerlukan pertolongan yang profesional dengan segera. Banyak sekali permasalahan yang dialami oleh atlit olahraga, tidak terkecuali dengan sindrom ini. Sindrom ini bermula dari adanya suatu kekuatan abnormal dalam level yang rendah atau ringan, namun berlangsung secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama. Jenis cedera ini terkadang memberikan respon yang baik bagi pengobatan sendiri.
Ada beberapa hal yang menyebabkan cedera akibat aktivitas olahraga yang salah. Aktivitas yang salah ini karena pemanasan tidak memenuhi syarat, kelelahan berlebihan terutama pada otot, dan salah dalam melakukan gerakan olahraga. Kasus cedera yang paling banyak terjadi, biasanya dilakukan para pemula yang biasanya terlalu berambisi menyelesaikan target latihan atau ingin meningkatkan tahap latihan.
Cedera akibat berolahraga paling kerap terjadi pada atlet, tak terkecuali atlet senior. Biasanya itu terjadi akibat kelelahan berlebihan karena panjangnya waktu permainan (misalnya ada babak tambahan) atau terlalu banyaknya partai pertandingan yang harus diikuti.
Cara yang lebih efektif dalam mengatasi cedera adalah dengan memahami beberapa jenis cedera dan mengenali bagaimana tubuh kita memberikan respon terhadap cedera tersebut. Juga, akan dapat untuk memahami tubuh kita, sehingga dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera, bagaimana mendeteksi suatu cedera agar tidak terjadi parah, bagaimana mengobatinya dan kapan meminta pengobatan secara profesional (memeriksakan diri ke dokter).
Perawatan dan pencegahan cedera di perguruan tinggi. Khususnya para mahasiswa pendidikan jasmani. Makalah ini mencakup agar mahasiswa mampu melaksanakan dan faham tentang prinsip-prinsip, faktor-faktor perawatan cedera dalam olahraga serta dapat mempraktekkanya pada saat menempuh perkuliahan maupun setelah lulus dan menjadi guru pendidikan jasmani di sekolah.

B. Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud cedera dan cedera olahraga ?
2.      Apa macam-macam cedera olahraga ?
3.      Bagaiamana klasifikasi cedera olahraga ?
4.      Apa penyebab cedera olahraga ?
5.      Bagaimana penerapan usaha pencegahan cedera olahraga pada olahraga sepak bola ?

C. Tujuan
1.      Mengetahui  pengertian cedera dan cedera olahraga.
2.      Mengetahui macam-macam cedera olahraga.
3.      Mengetahui klasifikasi cedera olahraga.
4.      Mengetahui penyebab cedera olahraga.
5.      Memahami penerapan usaha pencegahan cedera olahraga pada olahraga sepak bola.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Cedera dan Cedera Olahraga
1.      Cedera
Cedera adalah suatu akibat daripada gaya-gaya yang bekerja pada tubuh atau sebagian daripada tubuh dimana melampaui kemampuan tubuh untuk mengatasinya, gaya-gaya ini bisa berlangsung dengan cepat atau jangka lama.
Dapat dipertegas bahwa hasil suatu tenaga atau kekuatan yang berlebihan dilimpahkan pada tubuh atau sebagian tubuh sehingga tubuh atau bagian tubuh tersebut tidak dapat menahan dan tidak dapat menyesuaikan diri.
Harus diingat bahwa setiap orang dapat terkena celaka yang bukan karena kegiatan olahraga, biarpun kita telah berhati-hati tetapi masih juga celaka, tetapibila kita berhati-hati kita akan bisa mengurangi resiko celaka tersebut.

2.      Cedera Olahraga
Kegiatan olahraga yang sekarang terus dipacu untuk dikembangkan dan ditingkatkan bukan hanya olahraga prestasi atau kompetisi, tetapi olahraga juga untuk kebugaran jasmani secara umum. Kebugaran jasmani tidak hanya punya keuntungan secara pribadi, tetapi juga memberikan keuntungan bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu kegiatan olahraga sekarang ini semakin mendapat perhatian yang luas.
Bersamaan dengan meningkatnya aktivitas keolahragaan tersebut, korban cedera olahraga juga ikut bertambah. Sangat disayangkan jika hanya karena cedera olahraga tersebut para pelaku olahraga sulit meningkatkan atau mempertahankan prestasi.

“Cedera Olahraga” adalah rasa sakit yang ditimbulkan karena olahraga, sehingga dapat menimbulkan cacat, luka dan rusak pada otot atau sendi serta bagian lain dari tubuh.

Cedera olahraga jika tidak ditangani dengan cepat dan benar dapat mengakibatkan gangguan atau  keterbatasan fisik, baik dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari maupun melakukan aktivitas olahraga yang bersangkutan. Bahkan bagi atlit cedera ini bisa berarti istirahat yang cukup lama dan mungkin harus meninggalkan sama sekali hobi dan profesinya. Oleh sebab itu dalam penaganan cedera olahraga harus dilakukan secara tim yang multidisipliner.

B. Macam – macam Cedera Olahraga
Didalam menangani cedera olahraga (sport injury) agar terjadi pemulihan seorang atlit untuk kembali melaksanakan kegiatan dan kalau perlu ke prestasi puncak sebelum cedera.
Kita ketahui penyembuhan penyakit atau cedera memerlukan waktu penyembuhan yang secara alamiah tidak akan sama untuk semua alat (organ) atau sistem jaringan ditubuh, selain itu penyembuhan juga tergantung dari derajat kerusakan yang diderita, cepat lambat serta ketepatan penanggulangan secara dini.
Dengan demikian peran seseorang yang berkecimpung dalam kedokteran olahraga perlu bekal pengetahuan mengenai penyembuhan luka serta cara memberikan terapi agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah, sehingga penyembuhan serta pemulihan fungsi, alat dan sistem anggota yang cedera dapat dicapai dalam waktu singkat untuk mencapai prestasi kembali, maka latihan untuk pemulihan dan peningkatan prestasi sangat diperlukan untuk mempertahankan kondisi jaringan yang cedera agar tidak terjadi penecilan otot (atropi).
Agar selalu tepat dalam menangani kasus cedera maka sangat diperlukan adanya pengetahuan tentang macam-macam cedera. Cedera olahraga dapat digolongkan 2 kelompok besar :
a.    Kelompok kerusakan traumatik (traumatic disruption) seperti : lecet, lepuh, memar, leban otot, luka, “stram” otot, “sprain” sendi, dislokasi sendi, patah tulang, trauma kepala-leher-tulang belakang, trauma tulang pinggul, trauma pada dada, trauma pada perut, cedera anggota gerak atas dan bawah.
b.  Kelompok “sindroma penggunaan berlebihan” (over use syndromes), yang lebih spesifik yang berhubungan dengan jenis olahraganya, seperti : tenis elbow, golfer’s elbow swimer’s shoulder, jumper’s knee, stress fracture pada tungkai dan kaki.

C.    Klasifikasi Cedera Olahraga
Secara umum cedera olahraga diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu :
a.    Cedera tingkat 1 (cedera ringan)
Pada cedera ini penderita tidak mengalami keluhan yang serius, namun dapat mengganggu penampilan atlit. Misalnya: lecet, memar, sprain yang ringan.
b.    Cedera tingkat 2 (cedera sedang)
Pada cedera tingkat kerusakan jaringan lebih nyata berpengaruh pada performance atlit. Keluhan bias berupa nyeri, bengkak, gangguan fungsi (tanda-tanda inplamasi) misalnya: lebar otot, straing otot, tendon-tendon, robeknya ligament (sprain grade II).
c.    Cedera tingkat 3 (cedera berat)
Pada cedera tingkat ini atlit perlu penanganan yang intensif, istirahat total dan mungkin perlu tindakan bedah jika terdapat robekan lengkap atau hamper lengkap ligament (sprain grade III) dan IV atau sprain fracture) atau fracture tulang.
d.    Strain dan Sprain
Strain dan sprain adalah kondisi yang sering ditemukan pada cedera olahraga.
1.    Strain
Strain  adalah menyangkut cedera otot atau tendon. Straing dapat dibagi atas 3 tingkat, yaitu :
a)    Tinkat 1 (ringan)
Straing tingkat ini tidak ada robekan hanya terdapat kondisi inflamasi ringan, meskipun tidak ada penurunan kekuatan otot, tetapi pada kondisi tertentu cukup mengganggu atlit. Misalnya straing dari otot hamstring (otot paha belakang) akan mempengaruhi atlit pelari jarak pendek (sprinter), atau pada baseball pitcher yang cukup terganggu dengan strain otot-otot lengan atas meskipun hanya ringan, tetapi dapat menurunkan endurance (daya tahannya).
b)    Tingkat 2 (sedang)
Strain pada tingkat 2 ini sudah terdapat kerusakan pada otot atau tendon, sehingga dapat mengurangi kekuatan atlit.
c)    Tingkat 3 (berat)
Straing pada tingkat 3 ini sudah terjadi rupture yang lebih hebat sampai komplit, pada tingkat 3 diperlukan tindakan bedah (repair) sampai fisioterapi dan rehabilitasi. 
2.    Sprain
Sprain adalah cedera yang menyangkut cedera ligament. Sprain dapat dibagi 4 tingkat, yaitu :
a)    Tingkat 1 (ringan)
Cedera tingkat 1 ini hanya terjadi robekan pada serat ligament yang terdapat hematom kecil di dalam ligamen dan tidak ada gangguan fungsi.
b)    Tingkat 2 (sedang)
Cedera sprain tingkat 2 ini terjadi robekan yang lebih luas, tetapi 50% masih baik. Hal ini sudah terjadi gangguan fungsi, tindakan proteksi harus dilakukan untuk memungkinkan terjadinya kesembuhan. Imobilisasi diperlukan 6-10 minggu untuk benar-benar aman dan mungkin diperlukan waktu 4 bulan. Seringkali terjadi pada atlit memaksakan diri sebelum selesainya waktu pemulihan belum berakhir dan akibatnya akan timbul cedera baru lagi.
c)    Tingkat 3 (berat)
Cedera sprain tingkat 3 ini terjadinya robekan total atau lepasnya ligament dari tempat lekatnya dan fungsinya terganggu secara total. Maka sangat penting untuk segera menempatkan kedua ujung robekan secara berdekatan.
d)    Tingkat 4 (Sprain fraktur)
Cedera sprain tingkat 4 ini terjadi akibat ligamennya robek dimana tempat lekatnya pada tulang dengan diikuti lepasnya sebagian tulang tersebut.

D.  Penyebab Cedera Olahraga
Beberapa faktor penting yang ada perlu diperhatikan sebagai penyebab cedara olahraga.
1.    Faktor olahragawan/olagragawati
a.    Umur
Faktor umur sangat menentukan karena mempengaruhi kekuatan serta kekenyalan jaringan. Misalnya pada umur 30-40 tahun raluman kekuatan otot akan relative menurun. Elastisitas tendon dan ligament menurun pada usia 30 tahun. Kegiatan-kegiatan fisik mencapai puncaknya pada usia 20-40 tahun.
b.    Faktor pribadi
Kematangan (motoritas) seorang olahraga akan lebih mudah dan lebih sering mengalami cedera dibandingkan dengan olahragawan yang sudah berpengalaman.
c.    Pengalaman
Bagi atlit yang baru terjun akan lebih mudah terkena cedera dibandingkan dengan olahragawan atau atlit yang sudah berpengalaman.
d.    Tingkat latihan
Betapa penting peran latihan yaitu pemberian awal dasar latihan fisik untuk menghindari terjadinya cedera, namun sebaliknya latihan yang terlalu berlebihan bias mengakibatkan cedera karena “over use”.
e.    Teknik
Perlu diciptakan teknik yang benar untuk menghindari cedera. Dalam melakukan teknik yang salah maka akan menyebabkan cedera.
f.      Kemampuan awal (warming up)
Kecenderungan tinggi apabila tidak dilakukan dengan pemanasan, sehingga terhindar dari cedera yang tidak di inginkan. Misalnya : terjadi sprain, strain ataupun rupture tendon dan lain-lain.
g.    Recovery period
Memberi waktu istirahat pada organ-organ tubuh termasuk sistem musculoskeletal setelah dipergunakan untuk bermain perlu untuk recovery (pulih awal) dimana kondisi organ-organ itu menjadi prima lagi, dengan demikaian kemungkinan terjadinya cedera bisa dihindari.
h.    Kondisi tubuh yang “fit”
Kondisi yang kurang sehat sebaiknya jangan dipaksakan untuk berolahrag, karena kondisi semua jaringan dipengaruhi sehingga mempercepat atau mempermudah terjadinya cedera.

i.      Keseimbangan Nutrisi
Keseimbangan nutrisi baik berupa kalori, cairan, vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh yang sehat.
j.      Hal-hal yang umum
Tidur untuk istirahat yang cukup, hindari minuman beralkohol, rokok dan yang lain.
2.    Peralatan dan Fasilitas
Peralatan : bila kurang atau tidak memadai, design yang jelek dan kurang baik akan mudah terjadinya cedera.
Fasilitas : kemungkinan alat-alat proteksi badan, jenis olahraga yang bersifat body contack, serta jenis olahraga yang khusus.
3.    Faktor karakter dari pada olahraga tersebut
Masing-masing cabang olahrag mempunyai tujuan tertentu. Missal olahraga yang kompetitif biasanya mengundang cedera olahraga dan sebagainya, ini semua harus diketahui sebelumnya.


E. Usaha Pencegahan Cedera Olahraga dan Penerapannya pada Olahraga Sepak bola
Setiap atlet atau siapapun yang melakukan aktifitas olahraga pasti mendekatkan diri dengan resiko cidera. Memang sering terjadi cidera tersebut tidak terlalu membahayakan. Namun demikian ada beberapa faktor yang perlu menjadi perhatian yang menjadi prinsip dari pencegahan cidera pada olahraga. Bila prinsip ini dilaksanakan maka tubuh akan siap melakukan aktifitas olahraga dengan aman. Dalam hal ini akan dijelaskan beberapa cara usaha-usaha untuk pencegahan cedera olahraga yang ,antara lain :
1.      Pengaturan gizi
Ø  Penerapan Usaha Pengaturan Gizi pada Olahraga Sepakbola
Ø  Penerapan Usaha Pengaturan Istirahat atau Recovery pada Olahraga Sepakbola
2.      Latihan peningkatan kondisi fisik
a)                  Latihan Daya Tahan (Aerobik dan Anaerobik)
b)                 Latihan Kekuatan
c)                  Latihan Kecepatan
d)                 Latihan Kelenturan/Fleksibilitas
Ø  Penerapan Usaha Peningkatan Latihan Fisik pada Olahraga Sepakbola
a)        Latihan Daya Tahan (Aerobik dan Anaerobik)
b)        Latihan Kekuatan
c)         Latihan Kecepatan
·      Lari sprint dengan jarak 100 m.
·      Lari bolak-balik jarak 10 meter dengan intensitas kecepatan yang semkin meningkat.
·      Lari zig-zag dengan menggiring bola.
d)   Latihan Kelenturan/Fleksibilitas
 



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Cedera akibat berolahraga paling kerap terjadi pada atlet, tak terkecuali atlet sepak bola. Biasanya itu terjadi akibat kelelahan berlebihan karena panjangnya waktu permainan (misalnya ada babak tambahan) atau terlalu banyaknya partai pertandingan yang harus diikuti. Kalau pemula, biasanya kesalahan terbanyak karena tidak cukup efektifnya pemanasan atau gerakan peregangan yang dilakukan sebelum memulai olahraga. Akibatnya, otot tidak siap untuk melakukan aktifitas. Berolahraga secara berlebihan dan mengabaikan aturan berolahraga yang benar, malah mendatangkan cedera dan membahayakan diri sendiri.

B.   Saran

Dari pembahasan di atas diharapkan para atlit khususnya atlet sepak bola tidak hanya mengerti tentang bagaimana cara malakukan garakan olahraga saja, tetapi juga harus mengetahui usaha-usaha dalam mencegah terjadinya cedera yang dapat merugikan atlet itu sendiri. Dengan mengerti tentang cara-cara mencegah cedera maka diharapkan atlet dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang mungkin bisa menimbulkan cedera. Selain itu diharapkan pula seorang pelatih atau guru pendidikan jasmani juga bisa memberikan arahan-arahan tentang usaha-usaha yang memperkecil terjadinya bahaya cedera bagi atlet yang dilatih ataupun anak didiknya.



DAFTAR PUSTAKA

Soetopo, Sayati. 1994. Pencegahan Cedera dan P3K. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
http://fisioterapior.wordpress.com/prinsip-pencegahan-cidera-olahraga/ 
http://badrockboys.blogspot.com/2009/09/prinsip-pencegahan-cidera-olahraga.html






21 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kami dari website ZEUSBOLA website Judi Online Aman, Terbesar dan Terpercaya dengan proses Deposit atau Withdraw yang sangat gampang dan yang pastinya tidak ada batasan untuk Withdraw yang beroperasi 24 Jam 7 Hari dengan CS yang berpengalaman.

    ZEUSBOLA juga memberinya banyak bonus menarik seperti :
    - Bonus New Member 15%
    - Bonus Deposit Setiap Hari 10%
    - Bonus FREECHIP EXTRA !!
    - Bonus Cashback 15% + Rollingan 0.6%

    Kemudian kami juga menyediakan jasa deposit dari ATM, PULSA dan berbagai aplikasi seperti :
    - ATM Minimal Depo Rp 50.000,- ( BCA, BNI, BNI, Mandiri dan CIMB NIAGA)
    - Pulsa Minimal Depo Rp 25.000,- ( Telkomsel dan XL / AXIS )
    - OVO Minimal Depo Rp 50.000,-
    - GOPAY Minimal Depo Rp 50.000,-

    Jangan sampai ketinggalan, gabung segera dengan kami dapatkan bonus-bonus meraik dari kami !!
    - Whatsapp : 081333555996
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  3. BANYAK PROMO DISINI

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, letak perwakilan Poker Online menganjurkan pulsa adalah serupa pedagang judi yang mengutarakan pergelaran poker online pada waktu ini sudah sangat ringan degnan masuknya permainan ini judi online deposit melewati pulsa kemudahan berisi sok disebuah tontonan poker online yang ahli kita jumpai masa ini sebenarnya buah berasal kian berkembangnya zaman dan teknologi kala ini didalam permainan jaminan online. Sehubungan cuma merencanakan pulsa macam kapital endapan tontonan di http://104.248.148.252/ online, anakbuah sudah merapai kesempatan yang hana bermegah-megah beserta memihak permainan.

    Berlagu menjagokan pulsa didalam tontonan poker online jelasnya sebenarnya hendak makin meremehkan anakbuah masa kalian berbuat pementasan gadaian online. Berdasarkan hadirnya deposit melewati pulsa maka pegawai bakal pintar berdasarkan gampang antep tengil beserta berprofesi jagoan didalam seragam pementasan poker. Permainan poker online sedimen lewat pulsa pastinya hendak sampai separuh khasiat berperangai yang sanggup berwujud pulsa juga maupun berwujud uang betul didalam sewarna permainan judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/sabung-ayam-online-resmi-filipina-deposit-pulsa/
    http://134.209.98.69/situs-judi-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-indonesia/
    http://134.209.98.69/agen-poker-pulsa-terpercaya-di-indonesia/


    Daftar sekarang hanya di ZeusBola

    ReplyDelete
  4. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker adalah peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg peserta judi poker dgn rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan seluruh membernya tengah pemain Poker beta dijamin 100% Player VS Player.
    jangan abai nantikan hadiah merenggut tiap-tiap bulannya dan balasan referal segolongan pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  5. Situs S128Cash adalah Situs Bandar Taruhan Online Terpercaya yang menyediakan Jasa Taruhan Secara Online seperti Sportbooks, LiveCasino, Sabung Ayam Online, IDN Poker, Slot Games, dan Togel Online.
    Untuk dapat bermain Taruhan secara Online, Anda dapat bergabung sebagai member dengan mendaftarkan UserID di S128Cash dengan mengisi formulir pendaftaran atau bisa meminta bantuan langsung CS.

    Setelah selesai pendaftaran, Anda dapat login melakukan deposit uang ke no rekening yang telah disediakan. Semua bank Indonesia disediakan disini. Bukan itu saja, bagi Anda yang ATM nya lagi kosong, tidak perlu khawatir karena disini Anda dapat deposit melalui VIA PULSA, OVO dan GOPAY. Sangat membantu bukan ??

    Untuk Anda semua jadilah pemain yang cerdas dalam memilih Agen Bandar Taruhan Online Anda, mari Daftar S128 bersama kami yang terbukti Terpercaya dan AMAN !!
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  6. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di cabang judi online yg berkedudukan International, valid dan terpercaya hanya di Zeusbola.

    Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    Atau nonton basket disini :
    nonton basket online

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    ReplyDelete
  7. CemePoker - Agen Poker Online Uang Asli
    Dapatkan Bonus New Member 20%
    Tersedia Deposit OVO dan Pulsa
    Dengan Rate Pulsa Tertinggi
    Pendaftaran : http://cemepoker.pw

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  8. Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Donaco Poker
    Nikmati Kemudahan Deposit Donaco Poker dengan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  9. Pokervita.co Situs Judi QQ Deposit Pulsa Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia, Minimal Deposit 25rb Dengan Potongan 15% Telkomsel dan 10% Axis/XL. Server PKV Games Terbaik Untuk Permainan Judi QQ.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    BandarQ Pulsa Online Terpercaya
    Perang Baccarat Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  10. suka bermain permainan LIVE casino????
    yukz bergabung dengan kami di Winning303
    Dapatkan berbagai macam Bonus untuk permainan Live casino yang kamu mainkan
    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Slot

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  11. Bingung mencari Situs yang Hoki dan aman ?
    sekarang tidak perlu bingung lagi bos ^^
    Ada MUSEUMTOTO yang akan menjawab impian bosku untuk menjadi pemenang yang besar dalam Taruhan Togel dan Live Casino Online..!!
    Website yang sudah terbukti Hoki dan tidak perlu diragukan lagi bos... Karena MUSEUMTOTO adalah Website yang Aman dan Terpercaya^^
    Hanya dengan Mininal DEPOSIT Rp.10.000,- Bosku sudah bisa bermain di semua permainan.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Bandar Togel Online
    Daftar Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 1000

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    ReplyDelete
  12. Keuntungan Bermain di Museumbola Agen Slot Provider Terlengkap
    * Kaya Raya Dari Judi Online
    * Keamanan serta Kenyamanan Terjamin
    * Berlimpah Bonus dan Promo Menarik
    * Jika Anda mendaftar sebagai member Museumbola, maka Anda akan mendapat banyak bonus dan promo yang menarik. Untuk member baru, Anda bisa mendapat bonus cashback untuk setiap transaksi deposit.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda sekarang juga!!
    MUSEUMBOLA / MUSEUMTOTO ADALAH SEBUAH WADAH YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN JUDI PALING LENGKAP
    PERMAINAN AYAM CASINO SLOT POKER TOGEL BOLA SEMUA ADA
    LANSUNG SAJA AKSES KE SITUS OFFICIAL KAMI MUSEUMBOLA
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Thundering Zeus

    Link Akses
    daftar taruhan toto
    Link Alternatif museumbola
    Judi Slot Depo Dana
    Museumbola
    Togel Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  13. AGENT TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    togel online

    agen togel pulsa

    Slot Pulsa Tanpa Potongan

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Toto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    DEPOSIT VIA XL
    DEPOSIT VIA AXIS

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    - Bonus Cashback 5% - 10%

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    CLUB388
    SV388

    ReplyDelete
  14. Pusing cari situs judi kartu online terpercaya deposit pulsa yang ratenye bersahabat? Jangan panik dan khawatir, Ada alternatif lain dengan E-money tanpa ada rate potongan. Minimal deposit hanya 10rb termurah.

    Jangan lewatkan berbagai varian promosi menarik lainnya, Seperti :

    * Bonus New Member 20%
    * Bonus Deposit Harian
    * Bonus Rollingan Mingguan 0.5%
    * Bonus Referral 10%
    * Bonus Progresive Jackpot

    Mainkan juga 9 Jenis permainan lainnya yang dapat anda mainkan hanya dengan menggunakan 1 User ID saja:

    > Poker
    > DominoQQ
    > Bandar Ceme
    > Ceme Keliling
    > Capsa Susun
    > Pot Limit Super10
    > Omaha
    > Blackjack
    > Superbull

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Freechip natal & tahun baru

    Situs Judi Kartu Online

    ReplyDelete
  15. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  16. AGEN SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERPERCAYA & TERBAIK PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  17. DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN HANYA DI WINNING303
    Proses Depo dan WD Cepat, Situs Terbaik dan Terpercaya dengan Kesempatan Menang Terbesar hanya di Winning303.

    AGEN TERBAIK 2021

    �� BONUS NEW MEMBER 100%
    �� BONUS NEW MEMBER 20%
    �� BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    �� BONUS CASHBACK 5-10 %
    �� BONUS MENANG 7X SABUNG AYAM 100%

    LINK DAFTAR https://tinyurl.com/wdcepat

    ReplyDelete
  18. ZEUSBOLA Situs Judi Terlengkap dan Terpecaya..
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    ReplyDelete
  19. Kalah Judi Online? Jangan Panik!
    zeusbola.mypixieset.com Situs Agen Resmi Judi Online Menyediakan Daftar Slot Pragmatic Play Gacor Hari Ini Gates of Olympus Rating Kemenangan Super Tinggi
    MENERIMA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN, E-WALLET OVO GOPAY DANA LINKAJA, BANK BPD, BANK SYARIAH dan Seluruh Bank Lokal Indonesia

    Whatsapp : +6282277104607
    Telegram : @zeusbola

    Daftar Togel Online Tanpa Rekening Terpercaya 2021-2022
    http://134.209.98.69/daftar-slot-online-deposit-bank-bpd/

    ReplyDelete
  20. Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
    semakin byk bermain semakin banyk Rolingan ny...
    ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :0812-1495-2061

    ReplyDelete